Cara Memilih Template Blog Untuk Blogger Pemula

Kali ini kita akan membahas tentang Template Blog Yang Wajib di Pilih Bagi Blogger Pemula yang akan kita kupas lengkap lewat sajian artikel yang saya bagikan ini. Template merupakan bentuk tampilan blog yang di gunakan oleh para blogger dan akan menjadi ciri khas dari blog tersebut. Dan bagi anda untuk blogger pemula yang memang ingin serius dalam menjalani dunia blogging tentunya harus mendapatkan hasil yang maksimal, dan hal yang pertama dilakukan adalah memilih template blog yang sesuai dan memiliki nilai seo yang tinggi serta memiliki kualitas yang mumpuni dalam persaingan saat di SERP (Search Engine Result Page) yaitu sebuah pencarian yang di rekomendasikan oleh Google dan harus berusaha menempati posisi page one di Google. Dan itu adalah hal yang sulit di lakukan terutama oleh para Blogger pemula yang kebanyakan masih belum mengerti apa itu yang di katakan tentang seo blog. Dan dalam memilih template blog yang tepat itu juga agak sulit juga atau mungkin anda bisa mengedit pada bagian kode HTML sobat dan melakukan Optimasi SEO sendiri di blog sobat, karena itu dapat memberikan pengalaman lebih kepada sobat semua tentang SEO daripada harus menggunakan Template-template orang lain yang kita download.



Dalam memilih Template Blog yang baik oleh blogger pemula memang bisa di lakukan dengan mendownload template gratisan ataupun dengan membeli template premium yang memang sudah di sediakan oleh para pembuat template kepada para blogger semua khususnya bagi blogger pemula. Seperti yang sudah saya pakai ini merupakan template gratisan yang di buat oleh Sang Ads Template. Namun saya patut berbangga bisa menggunakan template ini karena memang memiliki kualitas SEO yang baik dan memiliki nilai yang cukup tinggi saat di cek SEO nya. Oleh karena itu langsung saja saya pakai dan ternyata memang benar template ini selain SEO juga mobile friendly serta cocok untuk penempatan iklan adsense karena memang sudah di berikan tempate khusus untuk memasang iklan adsense tersebut.

Untuk anda bagi pemula anda bisa memilih template sesuai yang anda inginkan namun juga yang harus SEO yaitu anda bisa melakukannya sendiri lewat template bawaan dari blogger yang dimana itu masih banyak yang error apabila di cek struktur datanya di Google dan harus di perbaiki lagi agar tidak terjadi error lagi dan biasanya di template bawaan atau standar oleh blogger juga anda perlu melakukan optimasi SEO lagi seperti meambahkan Meta Tag di bagian kode HTML template yang di mana itu sangat berpengaruh sekali dalam memperoleh nilai SEO yang tinggi dan berkualitas. Selain anda bisa menggunakan template bawaan dari blogger, anda juga bisa memakai template yang dimana anda bisa download di berbagai macam situs yang membagikan template-template gratis di sana, namun anda harus hati-hati dalam memilih tempate ini, sebab ada banyak sekali template download an yang bisa jadi di dalamnya sudah atau sengaja di pasang spam oleh para pembagi template gratis tersebut, nah ini yang malah membuat malapetaka apabila anda gunakan di blog anda, bukannya membawa berkah dan manfaat namun malah celaka yang di dapat. Jadi untuk memilih blog gratisan ini saya sarankan anda perlu hati-hati ya sobat. Dan selain anda menggunakan kedua pilihan di atas, anda juga bisa langsung memesan atau membeli langsung template premium yaitu jenis template blog yang berbayar yang dimana memiliki kualitas SEO yang tidak di ragukan lagi, karena memang di rancang untuk dapat memenangkan SERP di Google dan menempati posisi page one Google.

Namun Template Yang Wajib di Pilih Oleh Blogger Pemula tentunya memiliki beberapa kriteria agar bisa di katakan sebagai template yang berkualitas SEO serta banyak di kunjungi oleh para pembaca blog kita. Nah apa saja sih kriteria template blog yang baik untuk para blogger pemula itu?
Baca : Membuat Widget Artikel Terbaru

Kriteria Template yang wajib di pilih oleh blogger pemula

1. Memiliki loading page yang cepat / Ringan

Ini merupakan kriteria pertama yang wajib di lakukan atau di pilih oleh blogger dalam memilih template blog, karena secara tidak langsung bisa meningkatkan kualitas SEO sebuah blog yang memiliki loading page yang cepat atau bisa di katakan dengan fast load sehingga para pengnjung pun dengan bisa sangat cepat mengakses di berbagai halaman di blog kita tanpa mengunggu waktu yang lama. Dan bagaimana anda bisa mengetahui apakah bloh anda ini miliki loading page yang cepat atau lambat? Anda bisa melakukan cek page loading di link ini PageSpeed Insights seperti contoh gambar di bawah ini.

cek kecepatan blog
Cek kecepatan untuk blogger


Di dalam cek page speed tersebut sebuah blog akan di kasih angka dari 1-100 dan Apabila blog tersebut memiliki page speed di atas 85/100 atau memiliki angka warna hijau maka blog tersebut sudah di kategorikan ke dalam blog yang memiliki loading page yang cepat, namun apabila memiliki nilai dibawah 85 maka akan menunjukan warna kuning dan anda harus memperbaikinya agar bisa menjadi lebih cepat.

2. SEO Friendly

Sesuai dengan yang sudah saya katakan di atas bahwa Template yang wajid di pilin bagi blogger pemula adalah memiliki tingkat SEO Friendly yang tinggi dan berkualitas. Karena dengan Seo sebuah blog akan dengan sangat mudah menempati page one google dan bisa memenangkan SERP di halaman pencarian. Dimanakah anda bisa mengecek apakah template blog anda sudah SEO atau belum? Silahkan anda kunjungi link cek SEO berikut ini chkme.com.

Di situ anda akan di berikan informasi seputar apa saja yang ada di blog anda, seperti adanya meta tags descpritions, Keyword, Headings dan lain-lain. Anda tinggal memasukkan url blog sobat kedalam kolom kemudian klik check, nanti akan muncul nilai SEO yang di berikan kepada blog sobat seperti gambar contoh di bawah ini dan blog ini yang saya cek langsung.

cara cek seo untuk blogger

3. Template Responsive

Maksud Responsive disini adalah memiliki ukuran yang sesuai dan pas dengan keadaan layar ketika sedang di buka di gadget mana saja, misalnya di buka di desktop PC maka ukuaran sesuai, begitu juga ketika di buka di laptop, tablet atau pun handphone maka akan menyesuaikan sendiri uruannya sesuai dengan layar yang sedang membuka.

4. Mobile Friendly

Selain kriteria di atas, mobile friendly juga harus menjadi perhatian khusus dari para blogger pemula dalam memilih template, karena sudah tidak di pungkiri lagi bahwa di jaman modern sekarang ini lebih banyak orang yang menggunakan gadget jenis Smartphone yang dimana juga memiliki pasar yang baik untuk mempromosikan blog kita. Jadi template blog yang wajib di pilih oleh blogger pemula salah satunya adalah mobile friendly. untuk mengecek apaka blog anda sudah mobile friendly atau belum silahkan anda kunjungi link cek berikut ini https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/  disini anda tinggal memasukkan url dari blog sobat kemudian klik Analyze. Dan apabila muncul keterangan "Awesome! This page is Mobile-Friendly" atau "Mengagumkan! laman ini Mobile-Friendly" maka blog anda termasuk yang sudah mobile friendly. Seperti contoh gambar di bawah ini.

Cek Mobile Friendly untuk blogger
Cek Mobile Friendly

5. Mempunyai Struktur Data blog yang baik

Ini seperti yang sudah kita bahas di atas, yaitu blog yang SEO dan wajib di pilih oleh para blogger pemula adalah memiliki struktur data yang baik dan tidak terjadi error saat di cek, karena akan menggangu proses menuju SEO. Dan biasanya yang sering terjadi error saat pengecekan adalah url image, datePublished, dateModified, Name/Author, Headline, mainentityOfPage dan itu semua harus kita perbaiki agar struktur data blognya tidak terjadi error lagi. Dan untuk melakukan pengecekan silahkan anda kunjungi link berikut ini Structured Data Test seperti pada gambar di bawah ini.

Mempunyai Struktur Data blog yang baik
Cek Struktur Data


Apabila terjadi error akan ada peringatan kesalahan dan bagian mana saja yang harus di perbaiki lagi. Serta untuk memperbaikinya anda bisa kunjungi Mengatasi Error Struktur Data Blog agar lebih oke lagi tentunya akan meningkatkan kualitas SEO dari blog sobat semuanya. Dan apabila tidak ada yang error maka akan tampak seperti gambar di atas.

Nah begitulah kira-kira kriteria Template Yang Wajib di Pilih Bagi Blogger Pemula yang dimana ciri-ciri di atas memang sudah memenuhi syarat agar template yang di pilih itu lebih SEO dan memenangkan SERP di pencarian google serta menempati posisi page one, sekian terima kasih sudah berkunjung di blog saya, apabila ada yang masih kurang paham silahkan anda diskusikan lewat kolom komentar, Happy Blogging : ).

0 Response to "Cara Memilih Template Blog Untuk Blogger Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel