Ini Dia Tips Mengatasi SD card Tidak terbaca dengan Mudah dan Cepat

sd card tidak terbaca di laptop

Ini Dia Tips Mengatasi SD card Tidak terbaca dengan Mudah dan Cepat - Dalam smartphone, SD card atau yang sering dinamakan dengan memori eksternal mempunyai peranan yang cukup penting. SD card merupakan perangkat ponsel pintaryang dibutuhkan untuk memperbesar kapasitas penyimpanan yang ada pada ponsel. Meskipun, smartphone keluaran akhir-akhir ini sudah dibekali dengan memori bawaan atau memori internal yang cukup besar kapasitasnya. Akan tetapi, penggunaan memori eksternal ini masih sangat penting untuk digunakan sebagai media penyimpanan tambahan, seperti foto video, lagu, dan jenis-jenis file lainnya. SD Card tersebut seringkali juga mengalami permasalahan, yakni tidak terbaca pada android anda. jika anda mengalami hal tersebut, maka anda jangan buru-buru membuang sd card anda, karena hal tersebut masih bisa untuk diperbaiki. Bagaimana caranya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca

Untuk  memperbaiki sd card android anda, setidaknya ada beberapa cara yang bisa digunakan. Berikut ialah cara yang bisa anda gunakan.

#1 Bersihkan SD Card Anda

Cara pertama dan yang palng mudah ialah dengan membersihkan kartu memori anda tersebut.  keluarkan kartu memori dari gadget anda dan jangan lupa untuk mematikan gadget sebelum anda melakukan itu. Setelah itu, anda bisa melihat bagian kartu memori yang terdapat lempeng tembaga (berwarna keemasan) dan bersihkanlah dengan menggunakan pensil. Gosoklah dengan perlahan hingga lempengan tersebut bersih. Masukkan kembali kartu memori anda ke ponsel anda, cek apakah sudah terbaca atau belum. Jika masih belum, anda bisa mencoba cara kedua.

#2 Format SD card dari Smartphone anda

Jika cara pertama tidak bekerja, maka anda bisa melakukan format memori. Pilih menu pengaturan > penyimpanan. Terdapat beberapa pilihan dan anda bisa memilih hapus SD card. Dengan menghapusnya, maka semua data akan terhapus dan kartu memori bisa anda gunakan layaknya masih baru.  Jika cara kedua ini juga belum berhasil, maka anda bisa mencoba cara ketiga.

#3 Format SD card dari PC

Bisa jadi kartu SD anda terbaca di personal computer (PC), namun tidak di smartphone anda. jika anda mengalami permasalahan demikian, maka anda bisa mencoba langkah-langkah berikut.

  • Langkah pertama ialah melakukan back up data pada kartu memori anda. langkah ini dilakukan untuk mengamankan data anda terlebih dulu jika nanti terjadi suatu hal pada kartu tersebut. anda bisa membuat folder di komputer anda. 
  • Copy semua file yang ada pada kartu memori tersebut ke folder dalam computer yang sudah anda buat. 
  • Jika sudah, anda bisa melakukan format SD card anda. 
  • Setelah itu, anda bisa mengembalikan data-data yang dipindahkan ke kartu memori anda lagi. 
  • Cek kembali apakah sudah terbaca atau masih belum.


Itulah ketiga tips mengatasi SD card tidak terbaca pada ponsel android anda. jika memang ketiga cara tersebut sudah anda lakukan, namun masih juga tidak terbaca. Maka beli baru adalah solusinya.

0 Response to "Ini Dia Tips Mengatasi SD card Tidak terbaca dengan Mudah dan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel