NCR M16, Motor Custom Paling Greget - MotoGP Dimodif!
Dec 17, 2017
Add Comment
Jika kalian punya tingkat kegilaan maksimum dan menganggap Ducati Desmosedici RR - Road Legal MotoGP Bike - masih kurang gokil, nah yang satu ini cocok untuk mengatasi kegilaan tersebut. NCR M16!
Ketika Ducati memperkenalkan Desmosedici RR pada tahun 2006 silam, gairah dunia sepeda motor kembali on-fire. Siapa sih yang nggak kepengen nyoba motor MotoGP yang didevelop khusus untuk jalan raya? Lelaki mana yang nggak kuat tahan godaan menunggangi motor yang sama persis seperti gacoan Loris Cappirossi di arena MotoGP? Kaum pelangi, mungkin.
Tapi sayang, apa yang diusung Ducati Desmosedici RR ternyata nggak segokil ekspektasi sebelumnya. Sektor power contohnya. Mesin L-4 (V4) ala Desmosedici GP yang sebelumnya diklaim mampu tembus 200 HP, ternyata hanya mampu mengail 160-170 HP di atas mesin dyno. Poin yang sangat diekspos kala itu, mengingat sisi power adalah keunggulan utama Desmosedici RR, selain teknologi tentunya.
Apalagi, saat itu banderol retailnya tembus $72,500 - alias hampir Rp. 1 miliar! Sama sekali nggak murah dibanding superbike 1 liter, termasuk Ducati Panigale 1098-series... Which is bisa dibuat berpower setara Desmo RR, dengan harga yang jauh lebih masuk akal.
Kemudian datanglah NCR - produsen motor super ekslusif berbasis Italia - yang coba mengulik Ducati Desmosedici RR sampai ke limit tertinggi. Wait, motor berbasis MotoGP dibuat jadi lebih ekstrim? Jenis monster seperti apa yang coba dibuat teknisi NCR? Tunggu sampai lihat hasil akhirnya: NCR M16!
Secara singkat, apa yang dilakukan NCR adalah membeli beberapa unit Desmosedici RR (langsung) dari Ducati, kemudian membuang 80% sparepart eksteriornya ke tong sampah... Maksudnya, dirombak total! Sasis trellis unik, body, tangki bahan bakar, serta velg forged magnesium standar milik Desmo RR, diganti menggunakan part carbon fiber yang jauh lebih ringan.
Sasis, swingarm, subframe, bodywork, tangki, hingga velg dibuat secara handmade menggunakan carbon fiber. Dan kalau kalian masih menganggapnya kurang gokil, NCR M16 ini juga sudah menggunakan piringan cakram bermaterial carbon-ceramic composite laiknya motor MotoGP 800cc beneran. What the...!
Hasilnya bikin melongo! Bobot NCR M16 diet 15% dibanding Desmosedici RR standar, sehingga menghasilkan spek baru dengan bobot hanya 145 Kg! Kalau update dengan spek motor masa kini, angka tadi jauh lebih ringan dibanding Honda RC213V-S sekalipun lho.
jantung pacunya, mesin L4 (V4), Liquid-cooled, DOHC, Desmodromic 16-valve, Gear Driven Camshafts milik Desmosedici RR dituning ulang! Beberapa partnya diganti menggunakan material titanium yang lebih ringan, gearbox baru, racing slipper-clutch, plus sistem elektronik yang bahkan setara MotoGP masa kini - seperti Traction Control, Sistem Telemetri, Automatic Remapping System (ARS).
Hasilnya, NCR M16 diklaim mampu mengail power lebih dari 200 HP diatas mesin dyno - alias diatas spek standar Desmosedici RR yang bahkan nggak mampu dicapai Ducati saat itu. Belum lagi ditambah dengan bobotnya yang hanya 145 Kg! Alhasil, power-to-weight ratio nya pun tembus 2 kali lipat lebih besar dari Bugatti Veyron Super Sport!
Soal harganya, siap-siap aja nangis. Soalnya jual ginjal pun masih nggak cukup lho! Meski nggak ada banderol resminya, namun satu unit NCR M16 dikabarkan punya harga jual mencapai $200,000 - 300,000, alias setara Rp. 4-5 miliar! Kebayang kalau masuk hadir ke Indonesia? Yup, silahkan aja kalikan 3x lipat harga poundsterling tadi. Alias Rp. 12-15 miliar. What the hell!
Manufaktur : NCR s.r.l.
Model : Millona M16
Engine : L4 (V4), Liquid-cooled, DOHC, Desmodromic 16-valve, Gear Driven Camshafts, NCR Titanium Exhaust
Bore x Stroke : 86 x 42.56 mm
Kapasitas Silinder : 989 cc
Sistem Penyuplai BBM : Magneti Marelli 50mm Microjet Fuel Injection
Rasio Kompresi : 13.5 : 1
Transmisi : NCR Corse 6-Speed Gearbox, NCR Corse Racing Slipper Clutch
Max Power : 200 rWHP
Jarak Sumbu Roda : 1.430 mm
Berat Kosong : 145 Kg
Frame : NCR Carbon Fiber Frame
Suspensi Depan : 43mm Ohlins FGR000 - tuned by NCR CORSE
Suspensi Belakang : NCR Carbon Swingarm, Ohlins TTX Monoshock - tuned by NCR CORSE
Rem Depan : 2x Cakram Hidrolik, Carbon-Ceramic Disc 320 mm, Kaliper Brembo 4-Piston
Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Carbon-Ceramic Disc 220 mm, Kaliper Brembo 2-Piston
Ban Depan : Metzeler Racetec 120/70 - R17
Ban Belakang : Metzeler Racetec 190/55 - R17
Ducati Desmosedici RR - Motor MotoGP versi Jalan Raya |
Ketika Ducati memperkenalkan Desmosedici RR pada tahun 2006 silam, gairah dunia sepeda motor kembali on-fire. Siapa sih yang nggak kepengen nyoba motor MotoGP yang didevelop khusus untuk jalan raya? Lelaki mana yang nggak kuat tahan godaan menunggangi motor yang sama persis seperti gacoan Loris Cappirossi di arena MotoGP? Kaum pelangi, mungkin.
Tapi sayang, apa yang diusung Ducati Desmosedici RR ternyata nggak segokil ekspektasi sebelumnya. Sektor power contohnya. Mesin L-4 (V4) ala Desmosedici GP yang sebelumnya diklaim mampu tembus 200 HP, ternyata hanya mampu mengail 160-170 HP di atas mesin dyno. Poin yang sangat diekspos kala itu, mengingat sisi power adalah keunggulan utama Desmosedici RR, selain teknologi tentunya.
Apalagi, saat itu banderol retailnya tembus $72,500 - alias hampir Rp. 1 miliar! Sama sekali nggak murah dibanding superbike 1 liter, termasuk Ducati Panigale 1098-series... Which is bisa dibuat berpower setara Desmo RR, dengan harga yang jauh lebih masuk akal.
NCR M16 - versi custom built Desmosedici RR! |
Kemudian datanglah NCR - produsen motor super ekslusif berbasis Italia - yang coba mengulik Ducati Desmosedici RR sampai ke limit tertinggi. Wait, motor berbasis MotoGP dibuat jadi lebih ekstrim? Jenis monster seperti apa yang coba dibuat teknisi NCR? Tunggu sampai lihat hasil akhirnya: NCR M16!
Secara singkat, apa yang dilakukan NCR adalah membeli beberapa unit Desmosedici RR (langsung) dari Ducati, kemudian membuang 80% sparepart eksteriornya ke tong sampah... Maksudnya, dirombak total! Sasis trellis unik, body, tangki bahan bakar, serta velg forged magnesium standar milik Desmo RR, diganti menggunakan part carbon fiber yang jauh lebih ringan.
Bahkan piringan cakramnya pun pakai carbon composite, gokil! |
Sasis, swingarm, subframe, bodywork, tangki, hingga velg dibuat secara handmade menggunakan carbon fiber. Dan kalau kalian masih menganggapnya kurang gokil, NCR M16 ini juga sudah menggunakan piringan cakram bermaterial carbon-ceramic composite laiknya motor MotoGP 800cc beneran. What the...!
Hasilnya bikin melongo! Bobot NCR M16 diet 15% dibanding Desmosedici RR standar, sehingga menghasilkan spek baru dengan bobot hanya 145 Kg! Kalau update dengan spek motor masa kini, angka tadi jauh lebih ringan dibanding Honda RC213V-S sekalipun lho.
Mesin NCR M16. Beauty, isn't it? |
jantung pacunya, mesin L4 (V4), Liquid-cooled, DOHC, Desmodromic 16-valve, Gear Driven Camshafts milik Desmosedici RR dituning ulang! Beberapa partnya diganti menggunakan material titanium yang lebih ringan, gearbox baru, racing slipper-clutch, plus sistem elektronik yang bahkan setara MotoGP masa kini - seperti Traction Control, Sistem Telemetri, Automatic Remapping System (ARS).
Hasilnya, NCR M16 diklaim mampu mengail power lebih dari 200 HP diatas mesin dyno - alias diatas spek standar Desmosedici RR yang bahkan nggak mampu dicapai Ducati saat itu. Belum lagi ditambah dengan bobotnya yang hanya 145 Kg! Alhasil, power-to-weight ratio nya pun tembus 2 kali lipat lebih besar dari Bugatti Veyron Super Sport!
arganya? Siap-siap nangis! |
Soal harganya, siap-siap aja nangis. Soalnya jual ginjal pun masih nggak cukup lho! Meski nggak ada banderol resminya, namun satu unit NCR M16 dikabarkan punya harga jual mencapai $200,000 - 300,000, alias setara Rp. 4-5 miliar! Kebayang kalau masuk hadir ke Indonesia? Yup, silahkan aja kalikan 3x lipat harga poundsterling tadi. Alias Rp. 12-15 miliar. What the hell!
Spesifikasi NCR M16
Manufaktur : NCR s.r.l.
Model : Millona M16
Engine : L4 (V4), Liquid-cooled, DOHC, Desmodromic 16-valve, Gear Driven Camshafts, NCR Titanium Exhaust
Bore x Stroke : 86 x 42.56 mm
Kapasitas Silinder : 989 cc
Sistem Penyuplai BBM : Magneti Marelli 50mm Microjet Fuel Injection
Rasio Kompresi : 13.5 : 1
Transmisi : NCR Corse 6-Speed Gearbox, NCR Corse Racing Slipper Clutch
Max Power : 200 rWHP
Jarak Sumbu Roda : 1.430 mm
Berat Kosong : 145 Kg
Frame : NCR Carbon Fiber Frame
Suspensi Depan : 43mm Ohlins FGR000 - tuned by NCR CORSE
Suspensi Belakang : NCR Carbon Swingarm, Ohlins TTX Monoshock - tuned by NCR CORSE
Rem Depan : 2x Cakram Hidrolik, Carbon-Ceramic Disc 320 mm, Kaliper Brembo 4-Piston
Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Carbon-Ceramic Disc 220 mm, Kaliper Brembo 2-Piston
Ban Depan : Metzeler Racetec 120/70 - R17
Ban Belakang : Metzeler Racetec 190/55 - R17
0 Response to "NCR M16, Motor Custom Paling Greget - MotoGP Dimodif!"
Post a Comment